15 Daftar Perusahaan Asuransi Syariah Di Indonesia

Asuransi syariah adalah salah satu jenis asuransi yang berbasis pada prinsip-prinsip syariah Islam, yang mengikuti aturan-aturan dan prinsip-prinsip keuangan Islam. Di Indonesia, terdapat banyak perusahaan asuransi syariah yang melayani masyarakat dengan berbagai jenis produk dan layanan asuransi syariah. Dalam artikel ini, akan dibahas daftar perusahaan asuransi syariah di Indonesia beserta produk dan layanan yang mereka tawarkan.

perusahaan asuransi syariah di indonesia

Daftar Perusahaan Asuransi Syariah Di Indonesia

Berikut adalah daftar perusahaan asuransi syariah di Indonesia beserta produk dan layanan yang mereka tawarkan:

1. PT Asuransi Takaful Keluarga

PT Asuransi Takaful Keluarga merupakan salah satu perusahaan asuransi syariah terbesar di Indonesia yang menyediakan produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan asuransi haji.

Artikel Menarik Lainnya:   7 Prinsip Asuransi Syariah: Menjaga Kepastian dengan Prinsip-Prinsip Islami

2. PT Asuransi Astra Aviva Life

PT Asuransi Astra Aviva Life adalah perusahaan asuransi syariah yang merupakan hasil kerjasama antara PT Astra International Tbk dan Aviva International Holdings Ltd. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pensiun.

3. PT Asuransi Jiwa Manulife Syariah Indonesia

PT Asuransi Jiwa Manulife Syariah Indonesia merupakan perusahaan asuransi syariah yang merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

4. PT Asuransi Jiwa Sequis Life Syariah

PT Asuransi Jiwa Sequis Life Syariah adalah perusahaan asuransi syariah yang merupakan bagian dari PT Asuransi Jiwa Sequis Life. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pendidikan.

5. PT Asuransi Syariah Mega Life

PT Asuransi Syariah Mega Life adalah perusahaan asuransi syariah yang merupakan bagian dari PT Bank Mega Tbk. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pendidikan.

Baca juga: 7 Manfaat Asuransi Syariah Yang Perlu Difahami!

6. PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia

PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia adalah perusahaan asuransi syariah yang merupakan bagian dari Allianz Group. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pensiun.

7. PT Asuransi Cigna Indonesia Syariah

PT Asuransi Cigna Indonesia Syariah adalah perusahaan asuransi syariah yang merupakan bagian dari Cigna Corporation. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pensiun.

8. PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Syariah

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Syariah adalah perusahaan asuransi syariah yang merupakan bagian dari Sinarmas MSIG Insurance. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Artikel Menarik Lainnya:   Asuransi Syariah, Melindungi Diri dan Harta dengan Ketenangan Hati

9. PT Asuransi Syariah Sun Life Financial Indonesia

PT Asuransi Syariah Sun Life Financial Indonesia adalah perusahaan asuransi syariah yang merupakan bagian dari Sun Life Financial. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

10. PT Prudential Life Assurance Syariah

PT Prudential Life Assurance Syariah adalah perusahaan asuransi syariah yang merupakan bagian dari Prudential plc. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pensiun.

11. PT Asuransi Jiwa Sejahtera

PT Asuransi Jiwa Sejahtera adalah perusahaan asuransi syariah yang menyediakan produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Perusahaan ini juga menawarkan produk asuransi syariah yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan.

12. PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera

PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera adalah perusahaan asuransi syariah yang merupakan bagian dari PT Asuransi Jiwa Bumiputera 1912. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

13. PT Asuransi Umum Syariah Indonesia

PT Asuransi Umum Syariah Indonesia adalah perusahaan asuransi syariah yang menyediakan produk asuransi umum, seperti asuransi kendaraan, asuransi rumah, asuransi kebakaran, dan asuransi marine cargo.

14. PT Asuransi Syariah Central Asia Raya

PT Asuransi Syariah Central Asia Raya adalah perusahaan asuransi syariah yang merupakan bagian dari PT Asuransi Central Asia. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi umum.

15. PT Asuransi Jiwa Kresna Syariah

PT Asuransi Jiwa Kresna Syariah adalah perusahaan asuransi syariah yang merupakan bagian dari PT Asuransi Jiwa Kresna. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Itulah daftar perusahaan asuransi syariah di Indonesia yang dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai syariah yang dipegang. Pastikan untuk memilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan.

Artikel Menarik Lainnya:   Asuransi Syariah: Mengapa Lebih Baik dari Konvensional.

Jenis Produk Asuransi Syariah

Setiap perusahaan asuransi syariah di Indonesia menawarkan berbagai jenis produk dan layanan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis produk asuransi syariah yang ditawarkan di Indonesia:

1. Asuransi Jiwa Syariah

Asuransi jiwa syariah adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial kepada keluarga atau ahli waris jika terjadi risiko kehilangan nyawa. Dalam asuransi jiwa syariah, premi yang dibayarkan akan diinvestasikan dalam instrumen keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah, sehingga pemegang polis mendapatkan keuntungan yang halal.

2. Asuransi Kesehatan Syariah

Asuransi kesehatan syariah adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan finansial terhadap risiko sakit atau kecelakaan yang memerlukan perawatan medis. Produk ini juga menawarkan layanan kesehatan yang sesuai dengan prinsip syariah, seperti pemakaian obat-obatan halal dan perawatan yang tidak mengandung unsur riba.

3. Asuransi Kendaraan Syariah

Asuransi kendaraan syariah adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko kerugian atau kerusakan pada kendaraan bermotor. Premi yang dibayarkan akan diinvestasikan dalam instrumen keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah, sehingga pemegang polis mendapatkan keuntungan yang halal.

4. Asuransi Properti Syariah

Asuransi properti syariah adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakan atau kehilangan pada properti seperti rumah, gedung, atau peralatan bisnis. Produk ini juga menawarkan layanan pemulihan yang sesuai dengan prinsip syariah, seperti penggunaan bahan-bahan yang halal.

Keuntungan Menggunakan Asuransi Syariah

Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan asuransi syariah:

1. Sesuai dengan Prinsip Syariah

Produk asuransi syariah didesain untuk memenuhi prinsip-prinsip syariah, seperti tidak menggunakan sistem riba dan menghindari investasi pada sektor-sektor yang dianggap haram.

2. Menghindari Risiko Gharar

Asuransi syariah menghindari risiko gharar, yaitu ketidakpastian dalam transaksi yang dapat menyebabkan ketidakadilan atau kerugian bagi salah satu pihak.

3. Menghindari Risiko Maysir

Asuransi syariah juga menghindari risiko maysir, yaitu ketidakpastian yang dapat menyebabkan salah satu pihak memperoleh keuntungan secara tidak adil.

4. Memberikan Perlindungan Finansial yang Memadai

Dalam asuransi syariah, premi yang dibayarkan akan diinvestasikan dalam instrumen keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah, sehingga pemegang polis mendapatkan perlindungan finansial yang memadai dan keuntungan yang halal.