Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Prima

Callcenter188.com Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Prima – Cara merawat motor matic dibandingkan dengan motor manual atau bergerigi memang sedikit lebih repot. Jika sudah muncul kerusakan biaya untuk pembenahan relatif mahal. Untuk sebab itu merawat dengan baik adalah poin utama untuk meminimalisir munculnya kerusakan.

 

Tips Cara Merawat Motor Matic

WhatsApp Image 2024 07 02 at 18.29.30
Tips Cara Merawat Motor Matic

Merawat motor matic secara rutin sangat penting agar performa dan usia motor tetap optimal. Berikut beberapa tips merawat motor matic yang bisa kamu lakukan:

 

1. Ganti Oli Secara Berkala

Oli mesin sangat penting untuk melumasi komponen-komponen di dalam mesin. Pastikan mengganti oli setiap 2.000-3.000 kilometer atau sesuai dengan rekomendasi pabrik. Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic kamu.

 

2. Cek dan Ganti Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran sebelum masuk ke ruang bakar. Bersihkan filter udara setiap 4.000 kilometer dan ganti setiap 8.000 kilometer atau sesuai dengan kondisi filter.

 

3. Periksa dan Bersihkan CVT

CVT (Continuously Variable Transmission) adalah sistem transmisi pada motor matic yang perlu diperiksa dan dibersihkan secara berkala. Cek kondisi belt, roller, dan komponen lainnya setiap 10.000 kilometer.

 

4. Cek Sistem Pendingin

Motor matic biasanya dilengkapi dengan sistem pendingin seperti radiator. Pastikan air radiator selalu pada level yang cukup dan tidak bocor. Bersihkan radiator secara berkala agar tidak tersumbat oleh kotoran.

Artikel Menarik Lainnya:   Berikut 4 Tips Cara Screenshot di Mac Tanpa Aplikasi Tambahan

 

5. Ganti Busi Secara Teratur

Busi berperan penting dalam proses pembakaran di dalam mesin. Gantilah busi setiap 8.000 kilometer untuk menjaga performa mesin tetap optimal.

 

6. Periksa Sistem Rem

Rem merupakan komponen vital untuk keselamatan berkendara. Pastikan kampas rem tidak aus dan ganti jika perlu. Periksa juga cairan rem secara berkala.

 

7. Cek Kondisi Ban

Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrik. Periksa juga kondisi ban dari kerusakan atau keausan yang berlebihan.

 

8. Servis Berkala di Bengkel Resmi

Lakukan servis berkala di bengkel resmi untuk mendapatkan perawatan yang lebih menyeluruh. Teknisi di bengkel resmi memiliki pengetahuan dan alat yang tepat untuk merawat motor matic kamu.

 

9. Hindari Membawa Beban Berlebih

Membawa beban berlebih bisa membuat mesin dan komponen motor matic cepat rusak. Pastikan beban yang dibawa tidak melebihi kapasitas yang disarankan oleh pabrik.

 

10. Jaga Kebersihan Motor

Cuci motor secara rutin untuk menghindari penumpukan kotoran yang bisa merusak komponen motor. Hindari penggunaan air bertekanan tinggi yang bisa merusak bagian elektronik.

 

Merawat motor matic dengan baik akan membantu motor tetap awet dan performanya selalu prima. Dengan perawatan yang rutin,  dapat menghindari biaya perbaikan yang lebih mahal di kemudian hari.

Cara merawat motor matic yang diuraikan di atas merupakan perawatan mendasar yang bisa dilakukan secara rutin. Jika tidak bisa melakukan secara mandiri bisa membawanya ke bengkel atau tukang service motor.