10 Langkah Cara Membuat Rekening BRI Tanpa Harus Ke Kantor Cabang!

Rekening BRI adalah rekening tabungan yang dikelola oleh Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia). Memiliki rekening BRI sangat penting untuk memudahkan transaksi keuangan, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat rekening BRI, mulai dari persyaratan yang dibutuhkan hingga langkah-langkah pembukaan rekening. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan panduan bagi Anda yang ingin membuka rekening BRI dan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi keuangan dengan bank BRI.

cara membuat rekening bri

Syarat Membuat Rekening BRI

Persyaratan pembukaan rekening BRI cukup sederhana dan mudah dipenuhi. Persyaratan umum yang harus dipenuhi adalah berusia minimal 17 tahun, sudah memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau dokumen identitas lain yang sah, dan sudah memiliki nomor telepon yang aktif. Selain itu, dokumen yang harus dibawa saat membuka rekening BRI adalah fotokopi KTP atau dokumen identitas lain, fotokopi buku tabungan atau rekening koran lainnya sebagai bukti alamat, dan pasphoto ukuran 3×4. Beberapa rekening khusus seperti rekening bisnis juga memerlukan dokumen tambahan seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Setelah memenuhi persyaratan dan menyampaikan dokumen yang dibutuhkan, Anda harus menandatangani perjanjian pembukaan rekening dan akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM setelah proses pembukaan rekening selesai.

Langkah-Langkah Cara Membuat Rekening BRI

Setelah dokumen syarat Membuat Rekening BRI sudah disiapkan, langkah cara membuka rekening BRI selanjutnya adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi cabang Bank BRI terdekat dan bawa persyaratan yang dibutuhkan.

2. Isi formulir pembukaan rekening dan tandatangani perjanjian pembukaan rekening.

3. Tunjukkan KTP atau dokumen identitas lain yang sah dan fotokopi dokumen yang dibutuhkan.

4. Uang setoran awal dapat ditentukan sesuai dengan jenis rekening yang dibuka.

5. Setelah proses pembukaan rekening selesai, Anda akan menerima buku tabungan dan kartu ATM.

6. Aktivasi rekening dengan mengaktifkan kartu ATM dan melakukan setoran awal.

7. Anda sudah dapat melakukan transaksi dengan menggunakan rekening BRI.

Artikel Menarik Lainnya:   8 Cara Setor Tunai Di ATM BRI Ke Rekening Sendiri Dan Rekening Orang Lain

Note: Beberapa tahap diatas bisa berbeda tergantung pada cabang BRI yang anda datangi, namun inti dari proses tersebut tetap sama yaitu mengisi formulir, menyampaikan dokumen yang dibutuhkan dan melakukan setoran awal

Cara Membuat Rekening BRI Online:

Kunjungi website resmi BRI (www.bri.co.id) dan pilih menu “Pembukaan Rekening”

Pilih jenis rekening yang ingin dibuka dan ikuti petunjuk yang ada.

Isi formulir pembukaan rekening yang disediakan dengan data yang benar dan valid.

Upload dokumen yang dibutuhkan seperti KTP atau dokumen identitas lain, fotokopi buku tabungan atau rekening koran lainnya sebagai bukti alamat, dan pasphoto ukuran 3×4.

Tunggu konfirmasi dari BRI melalui email atau SMS.

Setelah diterima, lakukan setoran awal sesuai dengan jenis rekening yang dibuka.

Aktivasi rekening dengan mengaktifkan kartu ATM dan melakukan setoran awal.

Anda sudah dapat melakukan transaksi dengan menggunakan rekening BRI.

Note: Proses diatas bisa berbeda tergantung pada jenis rekening yang akan dibuka dan cabang BRI yang digunakan, Namun dasar prosesnya tetap sama yaitu mengisi formulir, menyampaikan dokumen yang dibutuhkan dan melakukan setoran awal.

Apa saja jenis bank BRI?

Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) adalah salah satu bank milik pemerintah yang berfokus pada sektor rakyat dan usaha kecil menengah. Beberapa jenis bank BRI yang ada di Indonesia antara lain:

Tabungan BRI: Jenis rekening yang digunakan untuk menyimpan uang dan dapat digunakan untuk transaksi sehari-hari

Giro BRI: Jenis rekening yang digunakan untuk menyimpan uang dan dapat digunakan untuk transaksi perdagangan atau pembayaran bunga

Deposito BRI: Jenis rekening yang digunakan untuk menyimpan uang dengan jangka waktu tertentu dan dapat digunakan untuk transaksi perdagangan atau pembayaran bunga

BRI Link: Jenis rekening yang digunakan untuk transaksi perbankan online

BRI Internet banking: Layanan perbankan online yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi dan pembayaran melalui internet

BRI Mobile banking: Layanan perbankan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi dan pembayaran melalui telepon seluler

BRI Syariah: Layanan perbankan yang mengacu pada prinsip-prinsip syariah

BRI Smart banking: Layanan perbankan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi dan pembayaran melalui mesin-mesin ATM

Artikel Menarik Lainnya:   Cara Menghubungi Call Center BRI 24 Jam, Bebas Pulsa.

BRI Call center: Layanan perbankan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi dan pembayaran melalui telepon

Jenis-jenis rekening yang ditawarkan BRI diatas bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan bank dan perubahan regulasi. Sebaiknya selalu cek dengan cabang BRI terdekat atau website resmi BRI untuk informasi yang lebih akurat.

Cara Menggunakan Rekening BRI

Setelah rekening BRI jadi, selanjutnya nasabah dapat menggunakannya untuk transaksi, baik untuk transaksi keuangan maupun transaksi non keuangan. Namun sebelum menggunakannya, nasabah harus melakukan aktivasi rekening dengan mengaktifkan kartu ATM dan melakukan setoran awal. Selanjutnya rekening BRI dapat digunakan untuk beberapa hal berikut ini:

1. Gunakan kartu ATM untuk melakukan transaksi seperti tarik tunai, transfer, atau pembayaran.

2. Gunakan nomor rekening BRI untuk melakukan transaksi melalui mesin ATM, internet banking, atau mobile banking.

3. Cek saldo rekening BRI melalui mesin ATM, internet banking, atau mobile banking.

4. Jika ingin melakukan transfer ke rekening lain, pastikan nomor rekening tujuan sudah benar dan sesuai dengan nama pemilik rekening.

5. Jika ingin melakukan pembayaran tagihan, pastikan nomor rekening tujuan sudah benar dan sesuai dengan nama pemilik rekening.

Jaga kerahasiaan nomor rekening dan kode transaksi untuk mencegah kecurangan.

Selalu cek mutasi rekening secara berkala, dan segera laporkan ke bank jika menemukan transaksi yang tidak dikenal.

Buka rekening BRI minimal berapa?

Setoran awal untuk membuka rekening BRI biasanya bervariasi tergantung jenis rekening yang akan dibuka. Namun, beberapa jenis rekening BRI memiliki setoran awal minimal sebagai berikut:

Rekening Tabungan BRI: Rp. 50.000

Rekening Simpedes BRI: Rp. 50.000

Rekening Simpedes BRI Syariah: Rp. 50.000

Rekening Giro BRI: Rp. 100.000

Rekening Giro BRI Syariah: Rp. 100.000

Rekening Deposito BRI: Rp. 10.000.000

Rekening Deposito BRI Syariah: Rp. 10.000.000

Itu adalah setoran awal minimal yang dapat digunakan untuk membuka rekening BRI, Namun setoran awal bisa lebih besar dari jumlah minimal yang disebutkan diatas. Setoran awal ini dapat diubah sesuai dengan kebijakan bank dan perubahan regulasi. Sebaiknya selalu cek dengan cabang BRI terdekat atau website resmi BRI untuk informasi yang lebih akurat.

Artikel Menarik Lainnya:   4 Cara Menemukan Bank Mandiri Terdekat di Jakarta.

Berapa biaya pembuatan kartu ATM BRI?

Biaya pembuatan kartu ATM BRI biasanya bervariasi tergantung jenis rekening yang digunakan. Namun, beberapa jenis rekening BRI memiliki biaya pembuatan kartu ATM sebagai berikut:

Rekening Tabungan BRI: Gratis (tanpa biaya)

Rekening Simpedes BRI: Gratis (tanpa biaya)

Rekening Simpedes BRI Syariah: Gratis (tanpa biaya)

Rekening Giro BRI: Gratis (tanpa biaya)

Rekening Giro BRI Syariah: Gratis (tanpa biaya)

Rekening Deposito BRI: Gratis (tanpa biaya)

Rekening Deposito BRI Syariah: Gratis (tanpa biaya)

Itu adalah biaya pembuatan kartu ATM BRI untuk beberapa jenis rekening yang umum, Namun biaya pembuatan kartu ATM bisa berbeda tergantung pada jenis rekening yang digunakan dan kebijakan bank yang berlaku. Sebaiknya selalu cek dengan cabang BRI terdekat atau website resmi BRI untuk informasi yang lebih akurat.

Berapa lama waktu untuk membuat rekening BRI?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat rekening BRI tergantung pada jenis rekening yang akan dibuka dan dokumen yang harus diserahkan.

Untuk rekening tabungan biasa, proses pembukaan rekening dapat selesai dalam waktu kurang dari satu jam jika nasabah sudah menyiapkan dokumen yang diperlukan dan tidak terdapat kendala dalam verifikasi data.

Namun, untuk rekening jenis lain seperti rekening deposito atau rekening giro, proses pembukaan rekening dapat memakan waktu lebih lama karena memerlukan persetujuan dari pihak bank dan proses verifikasi yang lebih ketat.

Untuk membuat rekening BRI secara online, waktu yang dibutuhkan juga bergantung pada jenis rekening yang akan dibuka dan dokumen yang harus diserahkan. Namun, proses pembukaan rekening online dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan cara konvensional.

Sebaiknya konsultasikan dengan cabang BRI terdekat atau website resmi BRI untuk informasi waktu yang tepat dalam membuat rekening BRI yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi Anda.

Apabila mengalami kendala terkait pembuatan rekening BRI atau saat menggunakan internet banking BRI, segera saja hubungi call center BRI untuk mendapatkan bantuan cepat dari petugas CS BRI. Semoga bermanfaat.