Kartu Kredit BCA: Manfaat, Syarat, Jenis, Limit Dan Cara Membuat.

Kartu kredit BCA adalah salah satu produk perbankan yang populer di Indonesia. BCA sendiri merupakan salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia, sehingga kartu kredit BCA menjadi pilihan banyak orang untuk memenuhi kebutuhan finansial mereka. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memiliki kartu kredit BCA, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait manfaat, syarat, dan cara mendapatkannya.

kartu kredit bca

Manfaat Kartu Kredit BCA

Mempunyai kartu kredit BCA mempunyai banyak manfaat bagi pemiliknya, antara lain:

1. Diskon dan Cashback

Salah satu manfaat utama dari memiliki kartu kredit BCA adalah dapat memperoleh diskon dan cashback saat berbelanja. BCA menawarkan diskon dan cashback yang menarik untuk berbagai jenis transaksi, seperti belanja di toko-toko tertentu, pembayaran tagihan bulanan, dan transaksi online.

2. Akses ke Promo Khusus

Selain diskon dan cashback, pemilik kartu kredit BCA juga memiliki akses ke berbagai promo khusus yang ditawarkan oleh BCA. Promo-promo ini dapat berupa diskon khusus, potongan harga, atau hadiah langsung.

3. Cicilan 0%

BCA menawarkan program cicilan 0% untuk berbagai jenis transaksi tertentu, seperti pembelian tiket pesawat, gadget, dan lain-lain. Dengan program cicilan 0%, Anda dapat membayar barang atau jasa yang Anda beli secara bertahap tanpa bunga atau biaya tambahan.

4. Keamanan

Kartu kredit BCA dilengkapi dengan fitur keamanan yang sangat baik. Misalnya, setiap kali melakukan transaksi menggunakan kartu kredit BCA, Anda akan menerima notifikasi melalui SMS atau email untuk memastikan bahwa transaksi tersebut sah.

Syarat Membuat Kartu Kredit BCA

Syarat Membuat Kartu Kredit BCA

Agar bisa mendapatkan kartu kredit BCA, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain:

1. Usia Minimal 21 Tahun

Untuk bisa mendapatkan kartu kredit BCA, Anda harus berusia minimal 21 tahun. Namun, jika Anda belum mencapai usia tersebut, Anda masih bisa memperoleh kartu tambahan melalui kartu kredit BCA orang tua atau pasangan.

2. Penghasilan Tetap

BCA membutuhkan bukti penghasilan tetap dalam jumlah tertentu agar Anda bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu kredit BCA. Anda harus menunjukkan slip gaji atau bukti penghasilan lainnya sebagai bukti bahwa Anda mampu membayar tagihan kartu kredit setiap bulannya.

3. Rekening Tabungan BCA

Untuk bisa memperoleh kartu kredit BCA, Anda juga harus memiliki rekening tabungan BCA. Rekening tabungan ini digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan kartu kredit setiap bulannya.

Cara Membuat Kartu Kredit BCA

Jika Anda sudah memenuhi persyaratan untuk memiliki kartu kredit BCA, Anda bisa mengajukan Anda bisa mengajukan kartu kredit BCA dengan cara mengisi formulir aplikasi kartu kredit BCA yang tersedia di situs web BCA atau datang langsung ke cabang BCA terdekat. Pastikan untuk membawa dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan rekening tabungan BCA.Cara Membuat Kartu Kredit BCA

Setelah mengajukan aplikasi, BCA akan melakukan verifikasi data dan melihat kelayakan Anda untuk memperoleh kartu kredit BCA. Jika disetujui, Anda akan menerima kartu kredit BCA dalam beberapa hari kerja.

Jenis Kartu Kredit BCA Dan Limitnya

BCA menyediakan beberapa jenis kartu kredit dengan limit yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis kartu kredit BCA dan limitnya:

Artikel Menarik Lainnya:   2 Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit Mandiri

BCA Card Platinum

Kartu kredit BCA Card Platinum memiliki limit yang cukup besar, yaitu mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 500 juta, tergantung dari pengajuan dan persetujuan dari pihak BCA.

BCA Card Black

Kartu kredit BCA Card Black juga memiliki limit yang besar, mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta, tergantung dari pengajuan dan persetujuan dari pihak BCA.

BCA Everyday Card

Kartu kredit BCA Everyday Card memiliki limit yang lebih rendah dibandingkan dengan kartu kredit BCA Card Platinum dan BCA Card Black. Limit pada kartu kredit ini berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 25 juta.

BCA Card Gold

Kartu kredit BCA Card Gold juga memiliki limit yang berbeda-beda, mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 250 juta, tergantung dari pengajuan dan persetujuan dari pihak BCA.

BCA Card Silver

Kartu kredit BCA Card Silver memiliki limit yang lebih rendah dari kartu kredit BCA Card Gold, yaitu mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 50 juta, tergantung dari pengajuan dan persetujuan dari pihak BCA.

Penting untuk diingat bahwa limit pada kartu kredit BCA dapat berbeda-beda tergantung dari pengajuan dan persetujuan dari pihak BCA. Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti pendapatan dan riwayat kredit pelanggan. Sebaiknya Anda melakukan pengajuan secara cermat dan memilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA

Aktivasi kartu kredit BCA dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:

Aktivasi melalui ATM BCA

Anda dapat mengaktifkan kartu kredit BCA melalui mesin ATM BCA. Caranya cukup mudah, masukkan kartu kredit BCA ke dalam mesin ATM, lalu pilih menu “Aktivasi Kartu Kredit”. Masukkan nomor kartu kredit dan kode CVV pada saat diminta, lalu ikuti petunjuk yang diberikan pada layar ATM.

Aktivasi melalui internet banking

Aktivasi kartu kredit BCA juga dapat dilakukan melalui layanan internet banking. Masuk ke akun internet banking BCA Anda, pilih menu “Kartu Kredit”, lalu pilih “Aktivasi Kartu Kredit”. Masukkan nomor kartu kredit dan kode CVV pada saat diminta, lalu ikuti petunjuk yang diberikan pada layar.

Aktivasi melalui aplikasi mobile banking

Jika Anda menggunakan layanan mobile banking BCA, Anda juga dapat mengaktifkan kartu kredit BCA melalui aplikasi tersebut. Masuk ke aplikasi mobile banking BCA, pilih menu “Kartu Kredit”, lalu pilih “Aktivasi Kartu Kredit”. Masukkan nomor kartu kredit dan kode CVV pada saat diminta, lalu ikuti petunjuk yang diberikan pada layar.

Aktivasi melalui layanan customer service BCA

Jika Anda kesulitan mengaktifkan kartu kredit BCA melalui cara-cara di atas, Anda dapat menghubungi layanan call center BCA di nomor telepon 1500888. Berikan informasi yang diminta oleh customer service BCA, lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengaktifkan kartu kredit.

Penting untuk diingat bahwa Anda harus mengaktifkan kartu kredit BCA secepat mungkin setelah menerimanya, agar dapat digunakan untuk bertransaksi. Selain itu, pastikan untuk menjaga kerahasiaan nomor kartu kredit dan kode CVV agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Iuran Tahunan Kartu Kredit BCA

Iuran Tahunan Kartu Kredit BCA

Iuran tahunan adalah biaya yang harus dibayarkan oleh pemegang kartu kredit BCA setiap tahun sebagai pengganti penggunaan fasilitas dan keuntungan yang diberikan oleh bank.

Besarnya iuran tahunan kartu kredit BCA tergantung pada jenis kartu kredit yang dimiliki. Berikut adalah besaran iuran tahunan kartu kredit BCA untuk beberapa jenis kartu:

BCA Card Platinum : Rp 1.250.000,-
BCA Card Gold : Rp 500.000,-
BCA Card Silver : Rp 250.000,-
BCA Card Black : Rp 2.500.000,-
BCA Card Visa Infinite : Rp 5.000.000,-

Iuran tahunan kartu kredit BCA biasanya dikenakan setelah 1 tahun pemakaian pertama dan akan dikenakan setiap tahun setelahnya. Namun, ada beberapa jenis kartu kredit BCA yang memberikan iuran tahunan gratis selama beberapa tahun pertama penggunaannya.

Artikel Menarik Lainnya:   Cara Membuat Kartu Kredit BCA Mudah dan Cepat!

Penting bagi pemegang kartu kredit BCA untuk memperhatikan jangka waktu pembayaran iuran tahunan agar tidak terkena denda atau pemblokiran kartu kredit. Jika ingin mengajukan pembatalan kartu kredit BCA, pemegang kartu kredit harus membayar seluruh tagihan dan iuran tahunan yang masih belum terbayarkan terlebih dahulu.

Bunga Kartu Kredit BCA

Seperti halnya produk perbankan lainnya, kartu kredit BCA juga memiliki bunga yang harus dibayar oleh pemegang kartu jika terjadi keterlambatan pembayaran atau pembayaran minimum tagihan.

Besarnya bunga kartu kredit BCA bervariasi tergantung pada jenis kartu kredit yang dimiliki. Berikut adalah besaran bunga kartu kredit BCA untuk beberapa jenis kartu:

BCA Card Platinum : 2,95% per bulan
BCA Card Gold : 2,95% per bulan
BCA Card Silver : 2,95% per bulan
BCA Card Black : 2,25% per bulan
BCA Card Visa Infinite : 2,25% per bulan

Bunga kartu kredit BCA dihitung berdasarkan suku bunga efektif per tahun yang dibagi dengan 12 bulan. Jika terjadi keterlambatan pembayaran tagihan, maka bunga akan dikenakan pada tagihan tersebut.

Pemegang kartu kredit BCA disarankan untuk selalu membayar tagihan secara tepat waktu atau lebih dari pembayaran minimum tagihan untuk menghindari dikenakan bunga yang tinggi. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan agar tidak terkena denda atau pemblokiran kartu kredit.

Cara Penggunaan Kartu Kredit BCA

Kartu kredit BCA dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi pembayaran, baik secara online maupun offline. Berikut adalah cara penggunaan kartu kredit BCA:

Transaksi di toko atau restoran: Kartu kredit BCA dapat digunakan untuk membayar pembelian di toko atau restoran yang menerima pembayaran dengan kartu kredit. Caranya, gesekkan kartu kredit pada mesin EDC (Electronic Data Capture) dan masukkan nominal pembayaran yang akan dibayar. Kemudian, tandatangan pada struk pembayaran yang keluar dari mesin EDC.

Transaksi online: Kartu kredit BCA dapat digunakan untuk melakukan pembelian di situs web yang menerima pembayaran dengan kartu kredit. Caranya, masukkan nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa, dan CVV/CVC yang terdapat pada bagian belakang kartu kredit. Kemudian, masukkan nominal pembayaran yang akan dibayar dan ikuti instruksi yang diberikan oleh situs web.

Tarik tunai di ATM: Kartu kredit BCA juga dapat digunakan untuk melakukan tarik tunai di ATM yang menerima kartu kredit. Caranya, masukkan kartu kredit pada mesin ATM, masukkan PIN kartu kredit, pilih menu “tarik tunai”, dan masukkan nominal yang akan ditarik. Namun, perlu diperhatikan bahwa tarik tunai dengan kartu kredit akan dikenakan biaya bunga yang tinggi dan biaya administrasi yang cukup mahal.

Transfer ke rekening bank lain: Kartu kredit BCA dapat digunakan untuk melakukan transfer ke rekening bank lain melalui fitur BCA KlikPay atau BCA Mobile. Caranya, masuk ke aplikasi BCA KlikPay atau BCA Mobile, pilih menu “transfer”, masukkan nomor rekening bank yang akan ditransfer, masukkan nominal yang akan ditransfer, dan ikuti instruksi yang diberikan.

Penting bagi pemegang kartu kredit BCA untuk selalu memperhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan dan memastikan tagihan dibayar tepat waktu atau lebih dari pembayaran minimum tagihan untuk menghindari dikenakan bunga dan biaya denda yang tinggi.

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA

Agar tidak terkena denda keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit BCA, nasabah harus secara rutin melakukan cek tagihan kartu kredit BCA. Untuk mengetahui tagihan kartu kredit BCA, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA

Melalui SMS Banking: Kirimkan SMS dengan format: INFO(spasi)KREDIT(spasi)nomor kartu kredit ke 69811. Contoh: INFO KREDIT 1234567890123456.

Melalui BCA Mobile: Masuk ke aplikasi BCA Mobile, pilih menu “Kartu Kredit”, pilih “Info Tagihan”, kemudian masukkan nomor kartu kredit dan masa berlaku kartu kredit.

Melalui BCA KlikPay: Masuk ke aplikasi BCA KlikPay, pilih menu “Kartu Kredit”, pilih “Info Tagihan”, kemudian masukkan nomor kartu kredit dan masa berlaku kartu kredit.

Artikel Menarik Lainnya:   Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit BCA dengan Mudah dan Cepat

Melalui website BCA: Masuk ke website BCA, pilih menu “Kartu Kredit”, pilih “Info Tagihan”, kemudian masukkan nomor kartu kredit dan masa berlaku kartu kredit.

Setelah melakukan salah satu cara di atas, maka pemegang kartu kredit BCA akan menerima informasi tagihan yang harus dibayar pada bulan berjalan. Penting untuk memeriksa tagihan secara berkala agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran dan menghindari dikenakan bunga dan biaya denda yang tinggi.

Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit BCA

Untuk membayar tagihan kartu kredit BCA, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

Melalui ATM BCA: Masukkan kartu debit atau ATM BCA, pilih menu “Transaksi Lainnya”, pilih “Pembayaran”, pilih “Kartu Kredit”, kemudian masukkan nomor kartu kredit dan nominal tagihan yang ingin dibayar.

Melalui BCA Mobile: Masuk ke aplikasi BCA Mobile, pilih menu “Kartu Kredit”, pilih “Bayar Tagihan”, kemudian masukkan nomor kartu kredit dan nominal tagihan yang ingin dibayar.

Melalui BCA KlikPay: Masuk ke aplikasi BCA KlikPay, pilih menu “Kartu Kredit”, pilih “Bayar Tagihan”, kemudian masukkan nomor kartu kredit dan nominal tagihan yang ingin dibayar.

Melalui website BCA: Masuk ke website BCA, pilih menu “Kartu Kredit”, pilih “Bayar Tagihan”, kemudian masukkan nomor kartu kredit dan nominal tagihan yang ingin dibayar.

Setelah melakukan pembayaran, pastikan untuk menyimpan bukti pembayaran sebagai bukti transaksi yang sah. Penting juga untuk melakukan pembayaran sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, agar tidak terkena bunga dan denda keterlambatan pembayaran.

Tips Menggunakan Kartu Kredit BCA dengan Bijak

Sebagai pemilik kartu kredit BCA, penting bagi Anda untuk menggunakan kartu tersebut dengan bijak. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghindari masalah finansial karena penggunaan kartu kredit yang tidak bijak:

1. Buat Rencana Pengeluaran

Buatlah rencana pengeluaran bulanan dan pastikan bahwa penggunaan kartu kredit BCA Anda tidak melebihi rencana tersebut. Hal ini dapat membantu Anda menghindari hutang yang tidak terbayar.

2. Bayar Tagihan Sesuai Waktu

Pastikan untuk membayar tagihan kartu kredit BCA setiap bulannya sesuai waktu. Jangan sampai terlambat membayar karena hal ini dapat memicu denda dan bunga yang tinggi.

3. Hindari Penggunaan untuk Kebutuhan Tidak Penting

Gunakan kartu kredit BCA hanya untuk kebutuhan yang penting seperti kebutuhan sehari-hari atau biaya mendesak. Hindari menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan yang tidak penting seperti makan di restoran mewah atau belanja barang-barang yang tidak diperlukan.

4. Cek Tagihan Secara Berkala

Pastikan untuk memeriksa tagihan kartu kredit BCA secara berkala untuk memastikan tidak ada transaksi yang tidak sah atau tidak diakui. Jika ada transaksi yang tidak sah, segera laporkan ke pihak BCA.

Kesimpulan

Kartu kredit BCA adalah produk perbankan yang populer dan memiliki banyak manfaat bagi pemiliknya. Namun, sebelum memutuskan untuk memiliki kartu kredit BCA, pastikan untuk memenuhi persyaratan dan menggunakan kartu tersebut dengan bijak agar tidak terjebak dalam masalah finansial.

FAQ

Apa itu kartu kredit BCA?

Kartu kredit BCA adalah salah satu produk perbankan yang ditawarkan oleh Bank Central Asia (BCA).

Apa manfaat dari memiliki kartu kredit BCA?

Manfaat dari memiliki kartu kredit BCA antara lain diskon dan cashback saat berbelanja, akses ke promo khusus, cicilan 0%, dan fitur keamanan yang baik.

Apa syarat untuk mendapatkan kartu kredit BCA?

Syarat untuk mendapatkan kartu kredit BCA antara lain berusia minimal 21 tahun, memiliki penghasilan tetap, dan memiliki rekening tabungan BCA.

Bagaimana cara mengajukan kartu kredit BCA?

Anda bisa mengajukan kartu kredit BCA dengan mengisi formulir aplikasi kartu kredit BCA yang tersedia di situs web BCA atau datang langsung ke cabang BCA terdekat. Pastikan untuk membawa dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan rekening tabungan BCA.

Apa yang harus dilakukan jika ada transaksi yang tidak sah pada kartu kredit BCA?

Jika ada transaksi yang tidak sah pada kartu kredit BCA, segera laporkan ke pihak BCA dan minta diblokir kartu kredit agar tidak terjadi kerugian yang lebih besar.

Apakah ada biaya tahunan untuk memiliki kartu kredit BCA?

Ya, ada biaya tahunan untuk memiliki kartu kredit BCA. Namun, biaya tersebut bisa dihilangkan jika Anda menggunakan kartu kredit BCA secara aktif dan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Apakah kartu kredit BCA aman digunakan?

Ya, kartu kredit BCA memiliki fitur keamanan yang baik dan dapat digunakan dengan aman jika digunakan dengan bijak dan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.