Tips Cara Membuat Rekening BNI, Mudah dan Cepat!

Cara Membuat Rekening BNI–Memiliki rekening bank adalah hal yang penting untuk memudahkan dalam melakukan transaksi keuangan. Salah satu bank yang dapat dipilih untuk membuat rekening adalah Bank Negara Indonesia (BNI). BNI menyediakan berbagai jenis rekening yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah. Membuat rekening di BNI sangat mudah, cukup dengan mengikuti beberapa tahap yang telah ditentukan bank.cara membuat rekening bni

Selain itu, BNI juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat rekening BNI, persyaratan yang harus dipenuhi, jenis rekening yang tersedia, dan fasilitas yang dapat digunakan oleh nasabah BNI. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat rekening di BNI.

Persyaratan Dan Dokumen Yang Dibutuhkan.

Untuk membuat rekening di Bank Negara Indonesia (BNI), terdapat beberapa persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi dan diserahkan. Persyaratan umum yang harus dipenuhi adalah:

Memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau dokumen identitas lain yang sah

Menyerahkan fotokopi KTP atau dokumen identitas lain yang sah

Mengisi formulir pendaftaran rekening

Selain persyaratan umum tersebut, terdapat juga persyaratan tambahan yang berbeda untuk setiap jenis rekening. Misalnya untuk rekening tabungan, nasabah harus menyerahkan fotokopi KTP dan mengisi formulir pendaftaran rekening tabungan. Sedangkan untuk rekening koran, nasabah harus menyerahkan fotokopi KTP, NPWP, dan SIUP.

Sebagai tambahan, untuk pembuatan rekening BNI Syariah, nasabah harus menyerahkan fotokopi KTP, KK (Kartu Keluarga), dan NPWP dan mengisi formulir pendaftaran rekening BNI Syariah. Namun, untuk pembuatan rekening BNI Taplus, nasabah harus menyerahkan fotokopi KTP, Kartu Mahasiswa, dan Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan.

Sebagai rekomendasi, sebaiknya nasabah mengecek kembali dengan pihak bank BNI mengenai persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan, karena kebijakan dan persyaratan dapat berubah.

Cara Membuat Rekening Bank BNI

Ada beberapa cara membuat rekening di Bank BNI, bisa menggunakan cara konvensional ataupun secara modern yakni dengan cara online. Berikut beberapa cara membuat rekaning Bank BNI :

1. Cara Membuat Rekening Bank BNI Di Cabang BNI Terdekat

Untuk membuat rekening Bank Negara Indonesia (BNI) di cabang, nasabah harus mengikuti beberapa tahap yang telah ditentukan oleh bank. Berikut ini adalah tahap-tahap yang harus dilakukan:

Bawa dokumen identitas asli dan fotokopi yang diperlukan. Seperti KTP, Kartu Keluarga, NPWP, Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan, Kartu Mahasiswa (jika membuat rekening BNI Taplus)

Datang ke cabang BNI terdekat dan minta bantuan CS untuk mengisi formulir pendaftaran rekening.

Artikel Menarik Lainnya:   8 Cara Setor Tunai Di ATM BRI Ke Rekening Sendiri Dan Rekening Orang Lain

Jika semua dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap dan formulir sudah terisi, CS akan melakukan verifikasi data dan mengecek persyaratan yang harus dipenuhi.

Setelah verifikasi selesai, nasabah akan diberikan buku tabungan dan kartu ATM (jika membuat rekening tabungan)

Nasabah harus menandatangani buku tabungan dan mengisi data pada kartu ATM dengan benar.

Setelah itu, nasabah harus mengisi formulir aktivasi rekening dan menyetorkan dana untuk mengaktifkan rekening baru.

Setelah itu, nasabah akan diberikan nomor rekening dan informasi lain yang diperlukan untuk melakukan transaksi.

Nasabah juga akan diberikan panduan tentang cara menggunakan fasilitas yang tersedia di BNI, seperti internet banking, mobile banking, SMS banking, dan e-banking.

Tips: Sebaiknya nasabah mengecek kembali dengan pihak bank BNI mengenai persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan, karena kebijakan dan persyaratan dapat berubah. Selain itu, nasabah juga harus menyimpan baik-baik dokumen yang diperlukan dan buku tabungan sebagai bukti pendaftaran rekening.

Setelah rekening dibuat, nasabah bisa segera mengaktifkan internet banking, mobile banking atau sms banking sesuai dengan kebutuhan. hal ini akan memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi, seperti cek saldo, transfer, bayar tagih

2. Cara Membuat Rekening Bank BNI Melalui Internet Banking

Selain membuat rekening di cabang BNI, nasabah juga dapat membuat rekening BNI melalui internet banking. Berikut ini adalah tahap-tahap yang harus dilakukan:

Nasabah harus memiliki akun internet banking BNI terlebih dahulu. Jika belum memiliki, nasabah dapat mendaftar di cabang BNI terdekat.

Setelah memiliki akun internet banking, nasabah harus login ke akun tersebut dengan menggunakan User ID dan password yang diterima saat mendaftar.

Pada menu, nasabah harus pilih “Pendaftaran Rekening Baru” atau “Registrasi Rekening Baru”

Kemudian nasabah harus mengisi formulir pendaftaran rekening yang tersedia secara online dan mengunggah dokumen yang diperlukan seperti KTP, Kartu Keluarga, NPWP, Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan, Kartu Mahasiswa (jika membuat rekening BNI Taplus)

Setelah mengisi formulir dan mengunggah dokumen, nasabah harus mengirimkan formulir dan dokumen tersebut dengan menekan tombol “Kirim”

Jenis – Jenis Rekening Di Bank BNI

Bank Negara Indonesia (BNI) menyediakan berbagai jenis rekening yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah. Berikut ini adalah jenis-jenis rekening BNI dan keuntungan yang didapat dari masing-masing jenis rekening:

1. Rekening Tabungan: Merupakan jenis rekening yang paling umum digunakan. Nasabah dapat menyimpan dana dan melakukan transaksi seperti transfer, pembayaran, dan penarikan dana. Keuntungan yang didapat dari rekening tabungan adalah dapat mendapatkan bunga, kartu ATM gratis, dan dapat digunakan untuk pembukaan rekening lain.

2. Rekening Koran: Merupakan jenis rekening yang digunakan untuk usaha. Nasabah dapat menyimpan dana dan melakukan transaksi seperti transfer, pembayaran, dan penarikan dana. Keuntungan yang didapat dari rekening koran adalah dapat mendapatkan bunga dan dapat digunakan untuk pembukaan rekening lain.

3. Rekening Deposito: Merupakan jenis rekening yang digunakan untuk menyimpan dana dalam jangka waktu tertentu. Keuntungan yang didapat dari rekening deposito adalah bunga yang lebih tinggi dibandingkan rekening tabungan dan rekening koran.

Artikel Menarik Lainnya:   Arti BCA Mobile Error 191: Penyebab & Cara Mengatasi

4. Rekening BNI Syariah : Merupakan jenis rekening yang dioperasikan berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Keuntungan yang didapat dari rekening BNI syariah adalah tidak ada bunga, namun dana yang disimpan akan digunakan untuk investasi yang sesuai dengan prinsip syariah.

5. Rekening BNI Taplus : Merupakan jenis rekening yang ditujukan untuk Mahasiswa. Keuntungan yang didapat dari rekening BNI Taplus adalah bunga yang lebih tinggi, dapat digunakan untuk pembukaan rekening lain, gratis biaya administrasi, serta kartu debit gratis.

Semua jenis rekening tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya nasabah mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan pembukaan rekening sebelum memutuskan jenis rekening yang akan digunakan.

Cara Mengaktifkan Rekening BNI Setelah Pendaftaran.

Setelah nasabah berhasil mendaftar rekening di Bank Negara Indonesia (BNI), langkah selanjutnya adalah mengaktifkan rekening tersebut. Berikut ini adalah tahap-tahap yang harus dilakukan untuk mengaktifkan rekening BNI setelah pendaftaran:

Melakukan setoran dana pertama: Setelah mendaftar, nasabah harus menyetorkan dana pertama ke rekening BNI yang baru dibuat. Biasanya, jumlah dana yang harus disetorkan adalah sebesar setoran minimum yang ditentukan oleh bank.

Mengisi formulir aktivasi rekening: Setelah melakukan setoran dana pertama, nasabah harus mengisi formulir aktivasi rekening yang diterima saat pendaftaran. Formulir ini harus diisi dengan benar dan lengkap.

Menyelesaikan proses verifikasi: Setelah mengisi formulir aktivasi rekening, nasabah harus menunggu proses verifikasi selesai. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari kerja.

Menerima informasi rekening: Setelah proses verifikasi selesai, nasabah akan menerima informasi rekening melalui email atau SMS. Informasi ini

Cara membuat rekening BNI untuk anak di bawah usia 18 tahun.

Untuk membuat rekening BNI untuk anak di bawah usia 18 tahun, nasabah harus mengikuti beberapa tahap yang telah ditentukan oleh bank. Berikut ini adalah tahap-tahap yang harus dilakukan:

Mempersiapkan dokumen yang diperlukan: Nasabah harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan seperti KTP orang tua, KTP anak, Kartu Keluarga (KK), fotokopi akte lahir anak, dan fotokopi KTP orang tua yang menjadi pengurus rekening anak.

Datang ke cabang BNI terdekat: Nasabah harus datang ke cabang BNI terdekat dengan membawa dokumen yang diperlukan dan mengisi formulir pendaftaran rekening.

Melakukan verifikasi data: CS BNI akan melakukan verifikasi data yang diberikan dan mengecek persyaratan yang harus dipenuhi.

Setoran dana pertama: Setelah verifikasi data selesai, nasabah harus menyetorkan dana pertama ke rekening anak.

Mengisi formulir aktivasi rekening: Nasabah harus mengisi formulir aktivasi rekening yang diterima saat pendaftaran dan menyelesaikan proses verifikasi.

Menerima informasi rekening: Setelah proses verifikasi selesai, nasabah akan menerima informasi rekening melalui email atau SMS.

Sebagai catatan, nasabah harus menyertakan surat keterangan dari kelurahan atau kantor camat yang menyatakan bahwa anak tersebut di bawah pengasuhan orang tua, sebagai syarat pembuatan rekening BNI untuk anak di bawah usia 18 tahun. Sebagai rekomendasi, nasabah sebaiknya mengecek kembali dengan pihak bank BNI mengenai persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan, karena kebijakan dan persyaratan dapat berubah.

Artikel Menarik Lainnya:   7 Cara Menggunakan Layanan Call Center Bank DBS untuk Keuntungan Anda.

Cara Mengecek Saldo Rekening BNI Setelah Pendaftaran

Setelah nasabah berhasil mendaftar rekening di Bank Negara Indonesia (BNI), nasabah dapat melakukan cek saldo rekening secara berkala. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek saldo rekening BNI, diantaranya:

Melalui ATM BNI : Nasabah dapat mengecek saldo rekening BNI dengan menggunakan kartu ATM dan melakukan transaksi cek saldo di mesin ATM BNI

Melalui internet banking : Nasabah yang sudah terdaftar di internet banking BNI dapat melakukan cek saldo rekening dengan login ke internet banking dan memilih menu “cek saldo”

Melalui SMS banking: Nasabah yang sudah terdaftar di SMS banking BNI dapat mengecek saldo dengan mengirimkan pesan dengan format tertentu yang telah ditentukan oleh BNI ke nomor yang ditentukan oleh BNI.

Melalui mobile banking : Nasabah yang sudah terdaftar di mobile banking BNI dapat mengecek saldo rekening dengan login ke mobile banking dan memilih menu “cek saldo”

Melalui call center BNI : Nasabah juga dapat mengecek saldo rekening BNI dengan menghubungi call center BNI dan menyebutkan nomor rekening yang akan dicek.

Sebagai rekomendasi, nasabah harus menyimpan baik-baik nomor rekening dan informasi lain yang diperlukan untuk melakukan transaksi

Cara Mengaktifkan SMS Banking Untuk Rekening BNI Baru.

SMS Banking adalah salah satu fitur yang ditawarkan oleh Bank Negara Indonesia (BNI) untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan melalui SMS. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan SMS banking untuk rekening BNI baru:

Daftar SMS banking di cabang BNI: Nasabah harus mendaftar SMS banking di cabang BNI terdekat dengan mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan dokumen yang diperlukan.

Aktifkan SMS banking melalui internet banking: Nasabah yang sudah terdaftar di internet banking BNI dapat mengaktifkan SMS banking dengan login ke internet banking dan memilih menu “Aktivasi SMS banking”

Konfirmasi aktivasi SMS banking: Setelah aktivasi SMS banking, nasabah akan menerima kode aktivasi melalui SMS. Nasabah harus mengkonfirmasi kode tersebut dengan mengirimkan pesan ke nomor yang ditentukan oleh BNI.

Mulai menggunakan SMS banking: Setelah aktivasi SMS banking selesai, nasabah dapat mulai menggunakan SMS banking dengan mengirimkan pesan dengan format yang ditentukan oleh BNI ke nomor yang ditentukan oleh BNI.

Kesimpulan.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara membuat rekening BNI, cara mengecek saldo rekening BNI, dan cara mengaktifkan SMS banking untuk rekening BNI baru. Langkah-langkah yang harus dilakukan dijelaskan secara detail dan dapat diikuti oleh nasabah.

Saran untuk para pembaca sebaiknya selalu mengecek saldo rekening secara berkala dan menjaga keamanan rekening bank dengan cara seperti menjaga kerahasiaan nomor rekening dan password internet banking, selalu mengecek transaksi yang dilakukan, dan selalu menyimpan bukti transaksi yang dilakukan. Hal ini akan membantu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian dana atau transaksi yang tidak sah.

Semoga artikel cara membuat rekening BNI diatas bermanfaat. Apabila dalam penggunaan internet banking BNI atau SMS banking BNI mengalami kendala, jangan segan untuk menghubungi call center BNI yang sudah di sediakan.

Tinggalkan komentar