4 Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Kredivo

Kredivo adalah salah satu platform fintech yang memungkinkan penggunanya untuk berbelanja secara online tanpa harus membayar sekaligus. Sebagai platform yang sudah hadir di Indonesia sejak 2017, Kredivo menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin berbelanja secara online tanpa perlu khawatir dengan biaya yang besar.

kerugian menggunakan kredivoNamun, seperti halnya dengan platform fintech lainnya, penggunaan Kredivo juga memiliki keuntungan dan kerugian. Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan Kredivo.

Keuntungan Menggunakan Kredivo

1. Kemudahan dalam Pengajuan Kredit

Kredivo memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan pengajuan kredit. Pengguna hanya perlu mengisi data pribadi dan menunggu persetujuan dari pihak Kredivo. Selain itu, pengguna juga bisa melacak status pengajuan kredit mereka melalui aplikasi Kredivo.

2. Tidak Perlu Membayar Sebelumnya

Kredivo memungkinkan pengguna untuk berbelanja tanpa harus membayar sebelumnya. Pengguna bisa melakukan pembayaran secara cicilan dalam beberapa bulan ke depan.

3. Mudah Digunakan

Kredivo bisa diakses melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Pengguna hanya perlu mengisi data pribadi dan data kartu kredit mereka untuk bisa menggunakan layanan Kredivo.

4. Terdapat Berbagai Promo Menarik

Kredivo seringkali menawarkan promo menarik seperti cashback atau diskon untuk pengguna yang melakukan transaksi dengan menggunakan layanan mereka.

Baca Juga:

Cara Daftar Kredivo Agar Disetujui.

Kredivo Call Center 24 Jam

Kerugian Menggunakan Kredivo

1. Bunga dan Biaya yang Tinggi

Seperti halnya dengan platform fintech lainnya, Kredivo mengenakan bunga dan biaya yang cukup tinggi. Pengguna perlu membayar bunga dan biaya administrasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bunga dan biaya administrasi pada umumnya.

Artikel Menarik Lainnya:   Cara Bayar Kredivo Lewat ATM BCA Dan ATM Bank Lainnya.

2. Menjadi Ketergantungan

Menggunakan Kredivo bisa membuat pengguna menjadi ketergantungan terhadap layanan ini. Pengguna bisa saja mengalami kesulitan dalam membayar cicilan kredit mereka jika terlambat membayar atau terjadi masalah pada kartu kredit yang mereka gunakan.

3. Tidak Cocok untuk Pengguna yang Sulit Mengontrol Pengeluaran

Kredivo tidak cocok untuk pengguna yang sulit mengontrol pengeluaran. Pengguna bisa saja tergoda untuk melakukan transaksi yang tidak perlu dengan alasan bisa membayar secara cicilan.

4. Adanya Resiko Penipuan

Menggunakan Kredivo juga memiliki resiko penipuan. Pengguna harus berhati-hati dalam melakukan transaksi dan memastikan bahwa mereka melakukan transaksi dengan merchant yang terpercaya.

Kesimpulan

Kredivo bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin berbelanja secara online tanpa perlu membayar sekaligus. Namun, pengguna harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari penggunaan Kredivo sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Dalam memilih layanan Kredivo, pengguna harus mempertimbangkan kemampuan mereka dalam mengontrol pengeluaran dan kesiapan mereka dalam membayar cicilan kredit secara berkala. Meskipun Kredivo memberikan kemudahan dalam melakukan pengajuan kredit, pengguna harus tetap berhati-hati dalam melakukan transaksi online dan memastikan bahwa mereka melakukan transaksi dengan merchant yang terpercaya.

Sebagai pengguna, penting bagi kita untuk memahami dan mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari penggunaan Kredivo sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, pengguna dapat memaksimalkan penggunaan layanan Kredivo dengan bijak dan tanpa merugikan diri sendiri.

FAQ

Apa yang harus dilakukan jika terlambat membayar cicilan kredit Kredivo?

Jika terlambat membayar cicilan kredit Kredivo, pengguna akan dikenakan denda dan bunga tambahan. Sebaiknya segera bayar cicilan kredit sebelum jatuh tempo untuk menghindari biaya tambahan tersebut.

Apakah Kredivo bisa digunakan untuk pembelian di luar negeri?

Artikel Menarik Lainnya:   6 Cara Bayar Akulaku Lewat Livin Mandiri.

Tergantung pada kebijakan merchant, namun umumnya Kredivo hanya bisa digunakan untuk pembelian di dalam negeri.

Apakah Kredivo aman digunakan?

Kredivo merupakan layanan yang sudah terdaftar dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga pengguna dapat mempercayai keamanan layanan ini. Namun, pengguna tetap harus berhati-hati dalam melakukan transaksi online dan memastikan bahwa mereka melakukan transaksi dengan merchant yang terpercaya.

Berapa lama proses pengajuan kredit di Kredivo?

Proses pengajuan kredit di Kredivo bisa memakan waktu kurang lebih 2-3 hari kerja.

Apakah Kredivo memberikan layanan pelunasan kredit lebih awal?

Ya, pengguna Kredivo dapat melunasi kredit lebih awal tanpa dikenakan biaya tambahan.

Apa kekurangan Kredivo?

Meskipun Kredivo memberikan banyak keuntungan, ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan oleh pengguna. Beberapa di antaranya adalah tingginya bunga dan biaya tambahan jika pengguna terlambat membayar cicilan, serta adanya risiko penipuan dalam transaksi online.

Apakah benar Kredivo sebar data?

Tidak, Kredivo tidak menyebarkan data pribadi pengguna tanpa persetujuan mereka terlebih dahulu. Kredivo berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data pengguna dengan menjalankan protokol keamanan yang ketat.

Kredivo Apakah legal?

Ya, Kredivo merupakan layanan yang legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kredivo diatur dan diawasi oleh OJK untuk memastikan bahwa layanan ini aman dan terpercaya bagi penggunanya.

Pinjaman pertama Kredivo berapa?

Pinjaman pertama Kredivo dapat bervariasi tergantung pada profil kredit pengguna dan kebijakan Kredivo. Namun, umumnya pinjaman pertama Kredivo berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000. Setelah pengguna terbukti dapat membayar cicilan kredit tepat waktu, limit kredit mereka dapat ditingkatkan.