Catat!! 3 Cara Daftar Internet Banking BNI dan Aktivasinya, Cepat Dan Mudah.

Cara Daftar Internet Banking BNI–Internet banking BNI adalah layanan yang diberikan oleh Bank Negara Indonesia (BNI) kepada nasabahnya untuk melakukan transaksi perbankan secara online. Dengan menggunakan internet banking BNI, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi seperti transfer uang, cek saldo, pembayaran tagihan, dan lain-lain tanpa harus datang ke bank. Selain itu, internet banking BNI juga memudahkan nasabah dalam mengontrol dan mengecek mutasi rekening secara real-time.

cara daftar internet banking bni

Keuntungan lain dari menggunakan internet banking BNI adalah dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan nasabah. Selain itu, internet banking BNI juga menawarkan fitur-fitur yang memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi seperti transaksi non-tunai, pembayaran tagihan, dan lain sebagainya. Fitur-fitur ini sangat membantu nasabah dalam mengelola keuangan dengan lebih efisien.

Namun, sebelum dapat menggunakan internet banking BNI, nasabah harus mendaftar terlebih dahulu. Dalam artikel ini, akan dijelaskan persyaratan dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendaftar internet banking BNI. Selain itu, juga akan dijelaskan panduan penggunaan internet banking BNI setelah nasabah berhasil mendaftar.

Persyaratan Daftar Internet Banking BNI

Untuk mendaftar internet banking BNI, nasabah harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan oleh bank. Persyaratan tersebut diantaranya adalah:

Kartu ATM BNI. Nasabah harus memiliki kartu ATM BNI yang masih aktif dan belum diblokir. Kartu ATM ini akan digunakan sebagai media untuk mendaftar internet banking BNI.

Nomor rekening BNI. Nasabah harus memiliki nomor rekening BNI yang aktif dan belum diblokir. Nomor rekening ini akan digunakan sebagai identitas nasabah dalam internet banking BNI.

Nomor HP yang terdaftar di BNI. Nasabah harus memiliki nomor HP yang terdaftar di BNI dan masih aktif. Nomor HP ini akan digunakan untuk menerima OTP (One Time Password) saat proses pendaftaran dan aktivasi internet banking BNI.

Email yang valid. Nasabah harus memiliki email yang valid dan masih aktif. Email ini akan digunakan untuk menerima notifikasi dan informasi penting seputar internet banking BNI.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, nasabah dapat melanjutkan proses pendaftaran internet banking BNI. Namun, pastikan bahwa semua data yang diisikan saat pendaftaran benar dan sesuai dengan identitas nasabah agar proses pendaftaran berjalan lancar.

Cara Daftar Intenet Banking BNI

Ada 3 cara daftar internet banking BNI yang dapat dilakukan oleh nasabah atau pemilik rekening bank BNI. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Cara Daftar Internet Banking BNI Melalui Internet

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendaftar internet banking BNI:

Buka situs resmi BNI di https://ibank.bni.co.id/ dan klik tombol “Daftar” yang terdapat pada halaman utama.

Pada halaman selanjutnya, nasabah akan diminta untuk memasukkan nomor rekening BNI dan nomor kartu ATM BNI. Selanjutnya, nasabah harus memasukkan nomor HP yang terdaftar di BNI dan email yang valid.

Artikel Menarik Lainnya:   Cara Daftar Internet Banking BCA Dan Aktivasinya.

Setelah selesai mengisi data, nasabah harus mengklik tombol “Kirim” untuk mengirimkan data pendaftaran. Kemudian nasabah akan menerima OTP (One Time Password) melalui SMS dan email yang digunakan saat pendaftaran. Nasabah harus memasukkan OTP tersebut pada kolom yang tersedia dan klik tombol “Verifikasi” untuk melanjutkan proses pendaftaran.

Selanjutnya, nasabah akan diminta untuk membuat user ID dan password internet banking BNI. Pastikan user ID yang dibuat unik dan mudah diingat. Password harus memenuhi syarat keamanan yang ditentukan oleh BNI, seperti kombinasi huruf dan angka, panjang minimal 8 karakter, dan tidak boleh sama dengan user ID.

Setelah selesai membuat user ID dan password, nasabah harus mengklik tombol “Daftar” untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Selanjutnya, nasabah akan menerima notifikasi melalui SMS dan email bahwa pendaftaran internet banking BNI telah berhasil.

Nasabah harus melakukan aktivasi internet banking BNI dengan mengikuti petunjuk yang diberikan pada notifikasi tersebut. Setelah aktivasi selesai, nasabah dapat login ke internet banking BNI dengan menggunakan user ID dan password yang telah dibuat sebelumnya.

Perlu diingat bahwa proses pendaftaran internet banking BNI memerlukan waktu proses yang cukup lama, dan jika dalam waktu yang cukup lama Anda belum menerima konfirmasi pendaftaran, sebaiknya hubungi bank BNI untuk memastikan apakah pendaftaran Anda berhasil atau tidak.

2. Daftar Internet Banking BNI Melalui ATM

Selain melalui website resmi BNI, nasabah juga dapat mendaftar internet banking BNI melalui ATM BNI. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendaftar internet banking BNI melalui ATM:

Masukkan kartu ATM BNI ke mesin ATM BNI.

Pilih bahasa yang diinginkan dan masukkan PIN ATM BNI.

Pilih menu “Registrasi” atau “Pendaftaran”.

Pilih “Internet Banking” atau “Registrasi Internet Banking”

Masukkan nomor rekening BNI yang akan didaftarkan.

Masukkan nomor HP yang terdaftar di BNI.

Masukkan email yang valid.

Masukkan OTP yang diterima melalui SMS dan email.

Buat user ID dan password internet banking BNI.

Selesai.

Setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, nasabah akan menerima konfirmasi pendaftaran melalui SMS dan email. Nasabah harus melakukan aktivasi internet banking BNI sebelum dapat menggunakan layanan ini. Namun, pastikan Anda mengingat user ID dan password yang telah dibuat, agar dapat login ke internet banking BNI setelah aktivasi.

Cara Aktivasi Internet Banking BNI

Aktivasi internet banking BNI adalah proses yang harus dilakukan setelah nasabah berhasil mendaftar internet banking BNI. Aktivasi ini dilakukan untuk memverifikasi bahwa nasabah yang melakukan pendaftaran adalah pemilik asli dari rekening tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan aktivasi internet banking BNI:

Login ke website resmi BNI di https://ibank.bni.co.id/ dan masuk dengan menggunakan user ID dan password yang telah dibuat saat pendaftaran.

Pada halaman utama, nasabah akan diminta untuk mengisi data-data pribadi seperti nama, nomor rekening, dan tanggal lahir.

Nasabah juga harus meng-upload scan atau foto dari KTP atau identitas lain yang diterima oleh BNI

Setelah selesai mengisi data dan upload scan KTP, nasabah harus mengklik tombol “Aktivasi” untuk mengirimkan data.

Nasabah akan menerima konfirmasi pemberitahuan melalui SMS dan email apabila aktivasi berhasil dilakukan.

Setelah aktivasi berhasil, nasabah dapat login ke internet banking BNI dengan menggunakan user ID dan password yang telah dibuat saat pendaftaran.

Artikel Menarik Lainnya:   Panduan Lengkap Cara Daftar Bank Mandiri Online

Perlu diingat bahwa proses aktivasi dapat memerlukan waktu yang cukup lama. Jika dalam waktu yang cukup lama Anda belum menerima konfirmasi aktivasi, sebaiknya hubungi call center BNI untuk memastikan apakah aktivasi Anda berhasil atau tidak.

Cara Melakukan Transaksi Internet Banking BNI

Melakukan transaksi melalui internet banking BNI cukup mudah dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan transaksi melalui internet banking BNI:

Login ke internet banking BNI dengan menggunakan user ID dan password yang telah dibuat saat pendaftaran.

Pada halaman utama, pilih menu “Transaksi” atau “Transfer”

Pilih jenis transaksi yang akan dilakukan, seperti transfer ke rekening BNI atau rekening bank lain, pembayaran tagihan, atau top up pulsa.

Isi data transaksi sesuai dengan jenis transaksi yang dipilih, seperti nomor rekening tujuan, jumlah transfer, dan informasi lain yang diperlukan.

Konfirmasi data transaksi yang telah diisi, pastikan semua informasi yang diisikan benar dan sesuai dengan yang diinginkan.

Masukkan OTP yang diterima melalui SMS atau email untuk menyelesaikan transaksi.

Selesai.

Transaksi yang dilakukan akan dikenakan biaya sesuai dengan jenis transaksi dan jumlah yang ditransfer. Pastikan Anda memiliki saldo yang cukup di rekening BNI untuk mengcover biaya transaksi.

Perlu diingat bahwa setiap transaksi yang dilakukan akan dikenakan limit transaksi, jadi pastikan Anda mengecek limit transaksi Anda sebelum melakukan transaksi.

Cara Melihat Mutasi Rekening Di Internet Banking BNI

Melihat mutasi rekening di internet banking BNI cukup mudah dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melihat mutasi rekening di internet banking BNI:

Login ke internet banking BNI dengan menggunakan user ID dan password yang telah dibuat saat pendaftaran.

Pada halaman utama, pilih menu “Informasi Rekening” atau “Mutasi Rekening”.

Pilih rekening yang ingin dilihat mutasinya.

Pilih periode tanggal yang ingin dilihat mutasinya, bisa dari hari ini, kemarin, atau periode tanggal lainnya.

Klik tombol “Tampilkan” untuk melihat mutasi rekening.

Selesai.

Mutasi rekening yang ditampilkan akan mencakup semua transaksi yang telah dilakukan

Cara Mengubah Limit Transaksi Internet Banking BNI

Cara mengubah limit transaksi internet banking BNI dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:

Melalui ATM BNI: Nasabah dapat mengubah limit transaksi internet banking BNI dengan mengakses menu “Registrasi” atau “Pendaftaran” di ATM BNI, kemudian pilih “Limit Transaksi” dan ikuti petunjuk yang ditampilkan.

Melalui Mobile Banking BNI: Nasabah dapat mengubah limit transaksi internet banking BNI dengan mengakses menu “Pengaturan” atau “Setting” di Mobile Banking BNI, kemudian pilih “Limit Transaksi” dan ikuti petunjuk yang ditampilkan.

Melalui Kantor Cabang BNI: Nasabah dapat mengunjungi kantor cabang BNI untuk mengubah limit transaksi internet banking BNI. Pastikan membawa identitas yang masih berlaku dan dokumen pendukung lainnya yang diperlukan.

Melalui Call Center BNI : Nasabah dapat menghubungi call center BNI untuk mengubah limit transaksi internet banking BNI, nasabah harus memberikan data-data yang diperlukan dan juga memverifikasi identitas diri.

Perlu diingat bahwa proses perubahan limit transaksi internet banking BNI memerlukan waktu proses yang cukup lama dan dapat dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan bank. Sebaiknya melakukan perubahan limit transaksi internet banking BNI pada saat dibutuhkan saja.

Artikel Menarik Lainnya:   9 Cara Membuat Mobile Banking BCA Di HP

Apakah Internet Banking Bni Gratis?

Internet banking BNI tidak gratis, namun terdapat beberapa biaya yang dikenakan oleh bank BNI untuk menggunakan layanan internet banking. Biaya tersebut dapat berupa biaya administrasi, biaya transaksi, dan biaya lainnya yang ditentukan oleh BNI. Biaya yang dikenakan dapat berbeda-beda sesuai dengan jenis transaksi yang dilakukan dan jumlah yang ditransfer. Sebagai contoh, untuk melakukan transfer ke rekening bank lain dikenakan biaya sebesar Rp 6.500, – per transaksi. Namun, pada beberapa kondisi tertentu, bank BNI dapat memberikan gratis untuk beberapa jenis transaksi tertentu.

Cara Lupa Password Internet Banking BNI

Jika Anda lupa password internet banking BNI, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mereset password:

Buka situs resmi BNI di https://ibank.bni.co.id/ dan klik tombol “Lupa Password” yang terdapat pada halaman login.

Pada halaman selanjutnya, nasabah akan diminta untuk memasukkan nomor rekening BNI dan nomor HP yang terdaftar di BNI.

Setelah selesai mengisi data, nasabah harus mengklik tombol “Kirim” untuk mengirimkan permintaan reset password.

Nasabah akan menerima OTP (One Time Password) melalui SMS dan email yang digunakan saat pendaftaran. Nasabah harus memasukkan OTP tersebut pada kolom yang tersedia dan klik tombol “Verifikasi” untuk melanjutkan proses reset password.

Selanjutnya, nasabah akan diminta untuk membuat password baru. Pastikan password yang dibuat memenuhi syarat keamanan yang ditentukan oleh BNI.

Setelah selesai membuat password baru, nasabah harus mengklik tombol “Simpan” untuk menyelesaikan proses reset password.

Selanjutnya, nasabah akan menerima notifikasi melalui SMS dan email bahwa reset password internet banking BNI telah berhasil dilakukan.

Nasabah dapat login ke internet banking BNI dengan menggunakan user ID dan password yang baru dibuat.

Perlu diingat bahwa proses reset password internet banking BNI memerlukan waktu proses yang cukup lama, dan jika dalam waktu yang cukup lama Anda belum menerima konfirmasi reset password, sebaiknya hubungi bank BNI untuk memastikan apakah reset password Anda berhasil atau tidak.

Apakah Bisa Daftar Internet Banking BNI Tanpa ATM?

Ya, nasabah BNI dapat mendaftar internet banking BNI tanpa harus memiliki ATM BNI. Nasabah dapat mendaftar internet banking BNI melalui beberapa cara seperti:

Melalui website resmi BNI: Nasabah dapat mendaftar internet banking BNI melalui website resmi BNI di https://ibank.bni.co.id/ dengan mengklik tombol “Daftar” dan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia.

Melalui Kantor Cabang BNI: Nasabah dapat mengunjungi kantor cabang BNI untuk mendaftar internet banking BNI. Pastikan membawa identitas yang masih berlaku dan dokumen pendukung lainnya yang diperlukan.

Melalui Call Center BNI : Nasabah dapat menghubungi call center BNI untuk mendaftar internet banking BNI, nasabah harus memberikan data-data yang diperlukan dan juga memverifikasi identitas diri.

Semua cara diatas memerlukan nomor rekening BNI yang aktif, nomor telepon dan email yang valid dan dapat dihubungi.

Penutup

Internet banking BNI merupakan layanan yang sangat bermanfaat bagi nasabah BNI. Dengan internet banking BNI, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi secara online, seperti transfer, pembayaran tagihan, dan lain-lain. Namun, sebelum menggunakan layanan ini, nasabah harus mendaftar dan mengaktifkan internet banking BNI terlebih dahulu. Cara daftar internet banking BNI dapat dilakukan melalui website resmi BNI, kantor cabang BNI, atau melalui call center BNI. Setelah aktivasi berhasil, nasabah dapat menikmati segala kemudahan yang ditawarkan oleh internet banking BNI. Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan dan privasi akun internet banking BNI Anda.